Pages

PELETAKAN BATU PERTAMA IRIGASI

Posted by Unknown on Friday 24 July 2015

Dalam rangka pengembangan jaringan irigasi yang dicanangkan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia (kementan RI) untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Pertanian dan Peternakan melaksanakan peletakan batu pertama Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi pada hari Khamis tanggal 29 Januari 2014 yang lalu di Dusun IV Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu


Gerakan perbaikan irigasi ini merupakan program penyediaan dan pengembangan prasarana dan sarana pertanian dalam rangka swasembada padi, jagung, kedele dan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan diharapkan program ini bisa memecahkan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat terutama akan kebutuhan air.

Peletakan batu pertama langsung dilakukan oleh Bupati Sergai Ir. H Soekirman yang datang beserta rombongan dari jajaran Pemkab sergai dengan mengendarai sepeda motor. Dalam acara tersebut turut juga dihadiri Kadis Pertanian Provinsi Sumatera Utara Ir. H. M.Roem, M.Si, kepala Bakorlu Pertanian dan Perikanan Provsu Ir. Bonar Sirait M.Si, Kadis PSDA Provsu Ir. Dinsyah, Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan pertanian (STTP) Medan, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provsu, Kepala Badan Pertahanan Provsu, mewakili Dandim 0204 DS Kasdim Thamrin Hasibuan, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. H. Safaruddin, Kadis Bina Marga Drs. Darwin Sitepu, Kadis PSDA Ir. Prihatina, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Teluk Mengkudu Misran SE, Camat Serba Jadi Drs. Nasaruddin Nasution, Camat Bintang Bayu Drs. Sariful Azhar, Muspika Kecamatan, Bintara Pembina Desa (Babinsa), perhiptani, GP3A, P3A, Kelompok tani Sentang, P3A Sri Rezeki serta ratusan masyarakat dari berbagai kelompok tani lainnya.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam paparannya mengemukakan bahwa di Kabupaten Sergai salah satunya di Desa Pematang Guntung ini masih banyak terdapat jaringan irigasi yang kurang berfungsi sehingga harus dinormalisasi kembali untuk menjadikan irigasi yang dapat mencakup pengairan diareal persawahan. Selain itu hendaknya beberapa aspek lainnya adalah dengan memperhatikan debit maupun kecepatan air yang mengalir serta luasnya lahan. Jadi jika semua tersebut dapat terpenuhi maka keberhasilan panen dipastikan lebih maksimal. Bupati berharap setelah peletakan batu pertama ini, pembangunan pertanian di Kabupaten serdang Bedagai dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan produksi serta daya saing produk pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan(tw-yt).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment